2012 Ekspor industri nonmigas turun

Kamis, 05 Januari 2012 - 07:00 WIB
2012 Ekspor industri nonmigas turun
2012 Ekspor industri nonmigas turun
A A A
Sindonews.com - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memperkirakan, nilai ekspor industri pengolahan nonmigas akan mencapai USD125 miliar pada tahun ini. Jumlah itu mengalami penurunan 0,8% dibandingkan tahun lalu yang mencapai USD126,5 miliar.

Dirjen Kerja Sama Industri Internasional Kemenperin Agus Tjahjana mengatakan, penurunan itu merupakan dampak dari kinerja ekonomi yang melemah di sejumlah negara tujuan ekspor seperti Amerika Serikat (AS) dan Eropa. Meski demikan, hal tersebut tidak akan mempengaruhi target pertumbuhan industri manufaktur yang sebesar 7,1%.

“Kontribusi ekspor terhadap PDB hanya sekira 30%. Kami mengharapkan ada pertumbuhan tinggi pada investasi dan permintaan pasar dalam negeri,” kata Agus di Jakarta, Rabu 4 Januari 2012.

Dihubungi terpisah. Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi mengatakan, ekspor industri manufaktur bisa turun 5—10% pada tahun ini.

Pasalnya, kata dia, produk industri nasional harus bersaing harga dengan produsen dari negara-negara lain yang juga mencari pasar.

“Kalau volume bisa dipertahankan, harganya pasti harus turun karena bersaing harga dengan produsen dari negara-negara lain yang juga mencari pasar,” kata Sofjan.

Menurutnya, produk industri Indonesia akan terbebani oleh biaya produksi yang cukup tinggi, minimnya infrastruktur, dan masalah tenaga kerja. Untuk itu, kalangan pengusaha dan pemerintah harus fokus menggenjot potensi pasar dalam negeri serta menahan arus barang impor. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4554 seconds (0.1#10.140)