Terduga suspect flu burung Pasuruan melemah

Minggu, 19 Februari 2012 - 07:30 WIB
Terduga suspect flu burung Pasuruan melemah
Terduga suspect flu burung Pasuruan melemah
A A A
Sindonews.com - Wilayah Pasuruan Jawa Timur mulai terjangkiti flu burung. Setidaknya, ada lima orang warga Petamanan, Bugul Kidul, Pasuruan diduga menderita virus mematikan ini. Bahkan satu di antaranya yakni Ponimah (52), telah dirujuk dari puskesmas ke RSUD Dr R Soedarsono Pasuruan ke RS Syaiful Anwar Malang.

Ponimah dirujuk lantaran kondisi fisiknya kian melemah. Dia khawatir, dirinya terkena flu burung. Pasalnya, sejak tiga hari lalu dia merasakan gejala sesak nafas, batuk pilek, mata berair dan tulang terasa ngilu. Apalagi, ternak ayam miliknya beberapa di antaranya mati.

"Saya merasa batuk pilek dan sesak nafas. Padahal selama ini saya tidak pernah sakit sesak nafas," keluh Ponimah saat masih berada di RSUD DR R Soedarsono, Pasuruan, Sabtu (18/2/2012)

Sementara itu, menurut Karju, suami Ponimah, meski telah mendapat perawatan dokter Puskesmas, kondisi fisik istrinya tidak juga kunjung membaik.

Karena kawatir terjadi penurunan daya tahan tubuh, ia merelakan ketika tim Medis Puskesmas Kandang Sapi merekomendasikan perawatan intensif di RSUD DR R Soedarsono.

Selama berada di RSUD dr R Soedarsono, Ponimah ditempatkan di IGD seperti layaknya pasien pada umumnya. Meski tanpa ada upaya mengisolasi dari pasien lainnya, sejumlah petugas paramedis telah mengenakan masker.

Dokter setempat, dr Sudarmanto mengatakan, kondisi kesehatan Ponimah tersebut tidak perlu dikawatirkan. Karena ia hanya lemas dan demam yang belum tentu diakibatkan dari penularan virus flu burung.

"Kondisi fisiknya hanya lemah. Ia dirujuk dari Puskesmas yang curiga terjangkit virus flu burung," kata dr Sudarmanto.

Meski dianggap tidak mengawatirkan, namun pihak rumah sakit akhirnya merujuk Ponimah ke RS Syaiful Anwar Malang.

Namun proses pemindahan pasien terduga flu burung ini berlangsung cukup lama. Ponimah tiba di RSUD dr Soedarsono sekitar pukul 10.00 WIB dan dirujuk ke RSSA pada pukul 14.00 WIB.
Bahkan Ponimah dibiarkan berjalan sendiri dengan bantuan suaminya saat menuju kamar mandi RSUD dr R Soedarsono.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Pasuruan dr Bambang Pramono menyatakan pihaknya terus memonitor warga yang terduga terjangkit virus flu burung.

Terhadap Ponimah yang menjalani perawatan di RS, sudah menjadi kewenangan dari pihak rumah sakit.(lin)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6669 seconds (0.1#10.140)