Kapolri:Berantas premanisme tanpa pandang bulu

Jum'at, 02 Maret 2012 - 16:14 WIB
Kapolri:Berantas premanisme tanpa pandang bulu
Kapolri:Berantas premanisme tanpa pandang bulu
A A A
Sindonews.com – Aksi premanisme belakangan ini diakui cukup meresahkan masyarakat. Kapolri Jenderal Timur Pradopo berjanji akan menertibkan para perman tanpa pandang bulu.

"Sekarang begini, premanisme ini kan memang harus dilihat jangan hanya pelanggaran hukumnya saja, yang jelas kalau pelanggaran hukumnya polisi tidak ada yang toleransi, itulah yang dilakukan sekarang," jelas Kapolri saat ditemui wartawan di Mabes Polri, Jumat (2/3/2012).

Dalam rangka penertiban itu, Polri akan meningkatkan kemampuan menentukan langkah-langkah mulai dari tahap penyelidikan sampai penegakan hukum.

"Tapi tentunya yang berkaitan dengan yang lain kan semua juga terlibat ya, karena ini kan bagian dari permasalahan sosial, lapangan kerja dan sebagainya,"paparnya.

Kapolri menambahkan, guna menegakan hukum dan memberantas premanisme, jajarannya terus melakukan komunikasi secara intensif dengan instansi terkait.

"Semua sudah saya sampaikan, kalau itu berkaitan dengan masalah penegakan hukum terus kita galakkan tanpa pandang bulu, tapi itu berkaitan dengan masalah sosial ya bersama-sama dengan instansi terkait," singkatnya.

Dia mengimbau agar masyarakat berperan dalam pemberatasan premanisme, caranya dengan melapor polisi jika menemukan aksi premanisme di lingkungannya. Pihaknya akan menerima laporan informasi dari masyarakat seluas-luasnya.

Labih lanjut ketika dikonfimasi kemungkinan pembentukan organisasi masyarakat (ormas) anti preman, Timur menambahkan mengenai itu tetap akan dievaluasi oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Tetap dievaluasi melalui Kemendagri termasuk kita di dalamnya. Sekali lagi kita negara hukum tidak boleh melakukan pelanggaran hukum seenaknya," pungkasnya.(lin)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.3938 seconds (0.1#10.140)