Keputusan BBM naik tergantung kenaikan ICP

Sabtu, 31 Maret 2012 - 05:27 WIB
Keputusan BBM naik tergantung kenaikan ICP
Keputusan BBM naik tergantung kenaikan ICP
A A A
Sindonews.com - Kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi dipastikan tidak akan terjadi pada April nanti, namun kemungkinan kenaikan masih bisa terjadi yang ditentukan berdasarkan harga minyak dunia.

Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi ESDM Evita Legowo menegaskan, sesuai dengan kesepakatan dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dalam sidang paripurna, pemerintah diperbolehkan melakukan penyesuaian harga jika rata-rata ICP melonjak diatas 15 persen dari asumsi ICP USD105 dalam kurun waktu 6 bulan.

"Tidak akan ada kenaikan harga bahan bakar minyak bersubsidi pada 1 April nanti," tegas Evita kepada sindonews usai Sidang Paripurna di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Sabtu (31/3/2012) dini hari.

Menurutnya, standar 15 persen belum tercapai pada bulan Maret 2012. Sehingga pemerintah tidak diberikan kesempatan untuk menaikkan harga BBM. "Belum tahu kita, harus tahu dulu perkembangannya seperti apa," ungkapnya.

Evita juga tidak bisa menyampaikan prediksi, karena menurutnya setiap bulan ICP tersebut dapat berubah-rubah tergantung perkembangan dunia.

"Sangat susah diprediksi ya, karena tergantung April berapa Mei berapa, pokoknya 6 bulan sebelumnya harus diatas 15 persen diatas USD105," pungkasnya. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5638 seconds (0.1#10.140)