Hari HAM, mahasiswa desak penuntasan kasus Udin

Selasa, 10 Desember 2013 - 17:36 WIB
Hari HAM, mahasiswa desak penuntasan kasus Udin
Hari HAM, mahasiswa desak penuntasan kasus Udin
A A A
Sindonews.com – Ratusan mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum (PKnH) Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta menggelar aksi demonstrasi di titik nol kilometer.

Dalam aksi ini, mahasiswa mendesak penuntasan kasus wartawan Bernas, Fuad Muhammad Syarifudin alias Udin.

Meila Ratnasari, penanggung jawab aksi mengungkapkan, mahasiswa sengaja menyoroti kasus udin karena proses penyelesaiannya yang berlarut-larut.

Kasus ini sempat hilang sebelum muncul kembali ke permukaan. Namun sayang, gugatan praperadilan yang dilayangkan beberapa waktu lalu justru ditolak pengadilan.

“Melalui aksi ini kami ingin pemerintah dan pihak terkait serius menyelesaikan kasus Udin yang sudah berjalan selama 17 tahun. Kami ingin menunjukkan bahwa banyak pihak yang juga ingin kasus ini segera selesai,” kata Meila, di sela aksi, Selasa (10/12/2013)

Dia mengatakan, sebagai aksi solidaritas untuk Udin pihaknya membagikan 1.000 bunga bagi pengendara yang melintasi titik nol kilometer.

“Ini bagian aksi solidaritas dari kami untuk kasus ini. Kami sertakan tanggal peringatan hari HAM dalam bunga yang kami bagikan,” katanya.

Peringatan hari HAM, lanjut Meila, diperingati selama sepekan. Peringatan diisi berbagai kegiatan mulai seminar taraf internasional tentang HAM, bakti sosial di panti asuhan, aksi donor darah, dan debat HAM antar SMA sederajat se-DIY yang akan digelar 14-15 desember mendatang.

Puncak peringatan pada tanggal 16 Desember diisi lomba humanistik dan akustik.

“Ini memang kegiatan tahunan dan temanya setiap tahun berbeda, cuma tetap berkaitan dengan isu HAM. Tahun ini kita mengangkat kasus Udin,” terangnya.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9061 seconds (0.1#10.140)