MISTIK SUFI

  • Kalam
    Minggu, 25 Oktober 2020 - 05:00 WIB
    Materi Pelajaran Tradisional Qadiriyah (1)
    Ringkasan berikut, menurut Idries Shah, termasuk materi pelajaran tradisional dari disiplin Qadiriyah dan juga beberapa pokok ucapan atau teguran Abdul Qadir sendiri.
  • Kalam
    Rabu, 14 Oktober 2020 - 07:55 WIB
    Jalan Sufi
    Jika manusia mencari Kebenaran, ia harus memenuhi syarat untuk menerima kebenaran. Ia tidak mengetahui ini. Akibatnya, meyakini keberadaan Kebenaran, ia beranggapan dirinya mampu menerimanya.
  • Kalam
    Selasa, 13 Oktober 2020 - 15:22 WIB
    Jalan Sufi
    Kedudukan kaum Sufi seperti orang asing di sebuah negeri, seperti tamu di sebuah rumah. Siapa pun dalam kemampuan masing-masing berpikir pada mentalitas lokal.
  • Kalam
    Senin, 12 Oktober 2020 - 12:49 WIB
    Untuk menghindari perhatian yang tidak diinginkan, hanya satu orang yang bertugas -- Pemimpin -- mengajar publik. Sisanya, mengemban tugas sebagai pelayan di rumahnya.
  • Kalam
    Minggu, 11 Oktober 2020 - 14:36 WIB
    Jalan Sufi
    Tidakkah mereka sedikit menyadari apa yang sebenarnya terjadi? Mereka hanya melihat satu jenis sebab dan akibat, sementara kadang akibat, seperti yang mereka katakan, muncul sebelum sebab.
  • Kalam
    Sabtu, 10 Oktober 2020 - 15:43 WIB
    Metodologi khusus kaum Chisyti segera mengalami kristalisasi menjadi kecintaan sederhana terhadap musik pembangkitan emosional yang dihasilkan musik dikacaukan dengan 'pengalaman spiritual'.
  • Kalam
    Jum'at, 09 Oktober 2020 - 13:16 WIB
    Jalan Sufi
    Melalui proses yang familiar, ketika terminologi dan organisasi sufi diadopsi oleh penganut agama secara luas, bahwa perbedaan antara kaum Sufi dan penganut yang dangkal ini telah dikaburkan.
  • Kalam
    Rabu, 07 Oktober 2020 - 15:47 WIB
    Jalan Sufi
    Ia membuat para pendeta dan pujangga di zamannya benar-benar merasa tidak nyaman. Terutama sejak konvensi, dimana tidak seorang pun kelihatan hebat kecuali ia merendahkan diri.
  • Kalam
    Minggu, 27 September 2020 - 06:59 WIB
    Musyawarah Burung (Mantiqu't-Thair)
    Segera sesudah itu, burung-burung itu akhirnya meniadakan diri mereka sendiri dalam diri sang Simurgh - bayang-bayang telah lenyap dalam cahaya surya, dan begitulah adanya.
  • Kalam
    Sabtu, 26 September 2020 - 06:33 WIB
    Musyawarah Burung (Mantiqu't-Thair)
    Pada akhirnya, hanya sejumlah kecil dari kawanan yang besar itu dapat sampai ke tempat mulia yang ditunjukkan Hudhud. Dari ribuan burung itu hampir semuanya telah lenyap.
  • Kalam
    Jum'at, 25 September 2020 - 07:15 WIB
    Musyawarah Burung (Mantiqu't-Thair)
    Sebelum hamba mati, dengan kemujuran untuk melihat -- biar sekali saja pun --wajah pangeran muda itu, sehingga hamba dapat menyerahkan diri hamba sebagai korban.
  • Kalam
    Kamis, 24 September 2020 - 06:16 WIB
    Musyawarah Burung (Mantiqu't-Thair)
    Seorang Sufi tengah berjalan-jalan dengan malas ketika ia dipukul dari belakang. Ia pun menoleh dan berkata, Orang yang kau pukul ini sudah mati lebih dari tiga puluh tahun.
  • Kalam
    Rabu, 23 September 2020 - 09:33 WIB
    Mahkota Sufi Omar Khayyam (1)
    Para sufi percaya bahwa dalam diri manusia ada suatu unsur yang disemangati cinta, yang membukakan makna pencapaian realitas sejati dan disebut makna mistikal
  • Kalam
    Rabu, 23 September 2020 - 06:57 WIB
    Musyawarah Burung (Mantiqu't-Thair)
    Aku tak tahu apa-apa, aku tak mengerti apa-apa. Aku tak sadar akan diriku sendiri. Aku sedang dalam bercinta, tetapi dengan siapa, tak tahu aku. Hatiku penuh dan sekaligus juga hampa cinta.
  • Kalam
    Selasa, 22 September 2020 - 13:37 WIB
    Mahkota Sufi Ibnu Arabi (5-Habis)
    Ia tidak mampu memahami perempuan cantik dan ketuhanan dalam waktu yang bersamaan. Hal ini adalah problema umum dari pernyataan sufi dalam suatu pilihan kata-kata yang sangat terbatas.
  • Kalam
    Selasa, 22 September 2020 - 06:35 WIB
    Musyawarah Burung (Mantiqu't-Thair)
    Ayaz berkata kalau aku tak menunjukkan kelakuan yang berlebihan, dan tak menyatakan kesetiaanku, adalah karena aku merasa diriku tak layak berbuat demikian.
  • Kalam
    Senin, 21 September 2020 - 09:46 WIB
    Mahkota Sufi Ibnu Arabi (4)
    Meskipun Ibnu Arabi dicintai oleh semua sufi, mempunyai banyak pengikut pribadi dan menjalankan fungsi teladan kehidupan, tidak diragukan ia merupakan suatu ancaman bagi kalangan formalis
  • Kalam
    Senin, 21 September 2020 - 06:28 WIB
    Musyawarah Burung (Mantiqu't-Thair)
    Ia pun menanggalkan jubah sufinya dan mulai bekerja. Setiap hari dibawanya seekor anjing ke pasar, dan yang demikian itu terus dilakukannya selama hampir setahun.
  • Kalam
    Minggu, 20 September 2020 - 14:22 WIB
    Mahkota Sufi Ibnu Arabi (3)
    Bagi Ibnu Arabi, sebagaimana bagi semua sufi, Muhammad mewakili Insan Kamil. Pada saat yang sama, kita perlu mengetahui apa yang dimaksud Muhammad dalam konteks ini.
  • Kalam
    Minggu, 20 September 2020 - 12:51 WIB
    Musyawarah Burung (Mantiqu't-Thair)
    Pengetahuan sejati menjadi milik pencari yang tulus. Jika diperlukan mencari pengetahuan ke negeri Cina, maka pergilah. Tetapi pengetahuan dirusakkan oleh pikiran dangkal, ia mengeras, bagai batu.
  • Kalam
    Sabtu, 19 September 2020 - 13:37 WIB
    Musyawarah Burung (Mantiqu't-Thair)
    Di lembah ini, cinta dilambangkan dengan api, dan pikiran dengan asap. Bila cinta datang, pikiran lenyap. Pikiran tak bisa tinggal bersama kedunguan cinta.
  • Kalam
    Sabtu, 19 September 2020 - 11:49 WIB
    Mahkota Sufi Ibnu Arabi (2)
    Di Spanyol ia dikenal sebagai Ibnu Saraqa, anak gergaji. Kata ini juga bermakna menghidupkan. Nama pribadi Ibnu Arabi, Muhyiddin, diterjemahkan dengan Yang Menghidupkan Agama.
  • Kalam
    Sabtu, 12 September 2020 - 10:10 WIB
    Mahkota Sufi Maulana Jalaluddin Rumi (11)
    Seorang Sufi tidak akan pernah membiarkan sesuatu berdiri sebagai penghalang antara apa yang ia ajarkan dengan mereka yang sedang mempelajarinya.
  • Kalam
    Sabtu, 12 September 2020 - 06:17 WIB
    Musyawarah Burung (Mantiqu't-Thair)
    Berusahalah menahan duka, derita, dan luka, dan dengan itu tunjukkan semangatmu. Bila kau luka, terimalah itu, dan jangan perturutkan sikap mengasihani diri sendiri.
  • Kalam
    Kamis, 10 September 2020 - 09:16 WIB
    Mahkota Sufi Maulana Jalaluddin Rumi (9)
    Kemanusiaan berputar-putar di sekitar realitas dalam sebuah sistem yang tidak sejati. Ia harus memasuki lingkaran dan bukannya sekadar mengikuti garisnya.