Berita Terkini : # mistik sufi

  • Kalam
    Senin, 21 September 2020 - 09:46 WIB
    Mahkota Sufi Ibnu Arabi (4)
    Meskipun Ibnu Arabi dicintai oleh semua sufi, mempunyai banyak pengikut pribadi dan menjalankan fungsi teladan kehidupan, tidak diragukan ia merupakan suatu ancaman bagi kalangan formalis
  • Kalam
    Senin, 21 September 2020 - 06:28 WIB
    Musyawarah Burung (Mantiqu't-Thair)
    Ia pun menanggalkan jubah sufinya dan mulai bekerja. Setiap hari dibawanya seekor anjing ke pasar, dan yang demikian itu terus dilakukannya selama hampir setahun.
  • Kalam
    Minggu, 20 September 2020 - 14:22 WIB
    Mahkota Sufi Ibnu Arabi (3)
    Bagi Ibnu Arabi, sebagaimana bagi semua sufi, Muhammad mewakili Insan Kamil. Pada saat yang sama, kita perlu mengetahui apa yang dimaksud Muhammad dalam konteks ini.
  • Kalam
    Minggu, 20 September 2020 - 12:51 WIB
    Musyawarah Burung (Mantiqu't-Thair)
    Pengetahuan sejati menjadi milik pencari yang tulus. Jika diperlukan mencari pengetahuan ke negeri Cina, maka pergilah. Tetapi pengetahuan dirusakkan oleh pikiran dangkal, ia mengeras, bagai batu.
  • Kalam
    Sabtu, 19 September 2020 - 13:37 WIB
    Musyawarah Burung (Mantiqu't-Thair)
    Di lembah ini, cinta dilambangkan dengan api, dan pikiran dengan asap. Bila cinta datang, pikiran lenyap. Pikiran tak bisa tinggal bersama kedunguan cinta.
  • Kalam
    Sabtu, 19 September 2020 - 11:49 WIB
    Mahkota Sufi Ibnu Arabi (2)
    Di Spanyol ia dikenal sebagai Ibnu Saraqa, anak gergaji. Kata ini juga bermakna menghidupkan. Nama pribadi Ibnu Arabi, Muhyiddin, diterjemahkan dengan Yang Menghidupkan Agama.
  • Kalam
    Sabtu, 12 September 2020 - 10:10 WIB
    Mahkota Sufi Maulana Jalaluddin Rumi (11)
    Seorang Sufi tidak akan pernah membiarkan sesuatu berdiri sebagai penghalang antara apa yang ia ajarkan dengan mereka yang sedang mempelajarinya.
  • Kalam
    Sabtu, 12 September 2020 - 06:17 WIB
    Musyawarah Burung (Mantiqu't-Thair)
    Berusahalah menahan duka, derita, dan luka, dan dengan itu tunjukkan semangatmu. Bila kau luka, terimalah itu, dan jangan perturutkan sikap mengasihani diri sendiri.
  • Kalam
    Kamis, 10 September 2020 - 09:16 WIB
    Mahkota Sufi Maulana Jalaluddin Rumi (9)
    Kemanusiaan berputar-putar di sekitar realitas dalam sebuah sistem yang tidak sejati. Ia harus memasuki lingkaran dan bukannya sekadar mengikuti garisnya.
  • Kalam
    Rabu, 09 September 2020 - 09:07 WIB
    Mahkota Sufi Maulana Jalaluddin Rumi (8)
    Jika ilmu dan skolastisisme selalu mempersempit cakupannya ke dalam bidang kajian yang semakin sempit, maka sufisme tetap menggunakan setiap bukti kebenaran yang melandasinya.
  • Kalam
    Rabu, 09 September 2020 - 06:06 WIB
    Musyawarah Burung (Mantiqu't-Thair)
    Jangan biarkan dirimu terbujuk oleh gemerlap yang kaulihat. Selama tubuh nafsumu menentangmu, hati-hatilah. Kau harus melawan musuh ini, dengan pedang di tangan.
  • Kalam
    Selasa, 08 September 2020 - 09:43 WIB
    Mahkota Sufi Maulana Jalaluddin Rumi (7)
    Pada mulanya pencerahan datang kepadamu dari orang-orang yang tercerahkan. Ini adalah suatu tiruan. Namun ketika hal itu datang berulang kali, ini adalah pengalaman tentang kebenaran.
  • Kalam
    Senin, 07 September 2020 - 08:40 WIB
    Mahkota Sufi Maulana Jalaluddin Rumi (6)
    Maulana Jalaluddin Rumi mengatakan, peniru itu seperti penyalur. Ia sendiri tidak minum, tetapi ia mungkin bisa memindahkan air kepada orang yang kehausan.
  • Kalam
    Minggu, 06 September 2020 - 10:00 WIB
    Mahkota Sufi Maulana Jalaluddin Rumi (5)
    Rumi mengajarkan bahwa manusia sebenarnya tidak mengetahui apa yang mereka inginkan. Jeritan batinnya dinyatakan dalam ratusan keinginan yang mereka duga sebagai kebutuhan mereka.
  • Kalam
    Minggu, 06 September 2020 - 06:23 WIB
    Musyawarah Burung (Mantiqu't-Thair)
    Keadilan ialah raja keselamatan. Lebih baik adil daripada melewatkan seluruh hidupmu dengan berlutut dan bersembah sujud dalam peribadatan lahiriah.
  • Kalam
    Sabtu, 05 September 2020 - 06:05 WIB
    Musyawarah Burung (Mantiqu't-Thair)
    Aku telah memilih kemiskinan itu dengan sengaja dan telah kubeli kemiskinan itu seharga kerajaan dunia. Dan aku masih akan membeli sesaat dari kemiskinan ini dengan harga seratus dunia.
  • Kalam
    Jum'at, 04 September 2020 - 08:40 WIB
    Mahkota Sufi Maulana Jalaluddin Rumi (3)
    Seorang Sufi memiliki banyak rahasia, tetapi ia harus menjadikan rahasia-rahasia tersebut berkembang dalam diri murid. Sufisme merupakan sesuatu yang diberikan kepadanya.
  • Kalam
    Jum'at, 04 September 2020 - 06:59 WIB
    Musyawarah Burung (Mantiqu't-Thair)
    Bila kau telah membakar segala yang kaumiliki, kumpulkan abunya dan tempatkan dirimu di atas abu itu. Sebelum kau melepaskan diri dari segala sesuatu di dunia ini, satu demi satu, kau tak akan bebas.
  • Kalam
    Kamis, 03 September 2020 - 06:01 WIB
    Musyawarah Burung (Mantiqu't-Thair)
    Bila seseorang berlaku patuh, ia berbuat sesuai dengan sabda Tuhan. Ia bukan hamba Allah yang membanggakan kedudukannya sebagai hamba. Hamba sejati memperlihatkan sifatnya pada saat diuji
  • Kalam
    Rabu, 02 September 2020 - 10:38 WIB
    Mahkota Sufi Maulana Jalaluddin Rumi
    Rumi dipandang sebagai salah seorang dari guru mistik tingkat pertama -- meskipun ia menyatakan bahwa ajaran-ajaran al-Qur'an bersifat alegoris, dan ia memiliki tujuh makna yang berbeda.
  • Kalam
    Rabu, 02 September 2020 - 06:41 WIB
    Musyawarah Burung (Mantiqu't-Thair)
    Ajarkan padaku doa agar aku dapat menemukan kepuasan. Selama ini aku senantiasa menjadi mangsa perasaan tak puas, tetapi kini aku ingin bebas dari perasaan demikian.
  • Kalam
    Selasa, 01 September 2020 - 09:20 WIB
    Mahkota Sufi Syaikh Sa'di Asy-Syirazi (3)
    Gulistan kerapkali menyinggung dalam bentuk puisi dan kisah, orang-orang yang tidak sabar mempelajari Sufisme tanpa menyadari bahwa mereka tidak dapat mempelajarinya dengan jiwa yang kosong.
  • Kalam
    Selasa, 01 September 2020 - 06:38 WIB
    Musyawarah Burung (Mantiqu't-Thair)
    Tidakkah kau mengetahui bahwa barangsiapa dilahirkan harus mati pula? Bahwa ia akan masuk tanah dan bahwa angin akan mencerai-beraikan unsur-unsur yang membentuk tubuhnya?
  • Kalam
    Senin, 31 Agustus 2020 - 10:35 WIB
    Mahkota Sufi Syaikh Sa'di Asy-Syirazi (2)
    Ajaran Sa'di tentang pelatihan diri tidak hanya mengacu pada kepatuhan biasa untuk menjalankan apa yang diajarkan guru. Dalam ajaran Sufi tentu ada suatu bentuk pelatihan diri.
  • Kalam
    Sabtu, 29 Agustus 2020 - 06:41 WIB
    Musyawarah Burung (Mantiqu't-Thair)
    Bebaskan dirimu dari apa yang membuatmu khawatir itu, maka jalan mana pun tak menjadi soal. Setan takut akan orang yang tak mempedulikan uang, dan cepat akan menghindar daripadanya.