Berita Terkini : # kisah hikmah

  • Kalam
    Jum'at, 25 September 2020 - 07:15 WIB
    Musyawarah Burung (Mantiqu't-Thair)
    Sebelum hamba mati, dengan kemujuran untuk melihat -- biar sekali saja pun --wajah pangeran muda itu, sehingga hamba dapat menyerahkan diri hamba sebagai korban.
  • Kalam
    Kamis, 24 September 2020 - 23:25 WIB
    Khamar (minuman keras) adalah sumber dari segala kerusakan. Islam melarang keras untuk mendekati perkara ini apalagi mengonsumsinya mengingat mudharatnya yang sangat besar.
  • Kalam
    Kamis, 24 September 2020 - 06:16 WIB
    Musyawarah Burung (Mantiqu't-Thair)
    Seorang Sufi tengah berjalan-jalan dengan malas ketika ia dipukul dari belakang. Ia pun menoleh dan berkata, Orang yang kau pukul ini sudah mati lebih dari tiga puluh tahun.
  • Kalam
    Rabu, 23 September 2020 - 09:30 WIB
    Kaum perempuan mempunyai peran penting dalam dunia periwayatan hadis. Banyak perempuan-perempuan yang meriwayatkan hadis Nabi SAW, baik itu para istri Rasulullah, maupun para sahabat perempuan yang lainnya.
  • Kalam
    Rabu, 23 September 2020 - 06:57 WIB
    Musyawarah Burung (Mantiqu't-Thair)
    Aku tak tahu apa-apa, aku tak mengerti apa-apa. Aku tak sadar akan diriku sendiri. Aku sedang dalam bercinta, tetapi dengan siapa, tak tahu aku. Hatiku penuh dan sekaligus juga hampa cinta.
  • Kalam
    Selasa, 22 September 2020 - 06:35 WIB
    Musyawarah Burung (Mantiqu't-Thair)
    Ayaz berkata kalau aku tak menunjukkan kelakuan yang berlebihan, dan tak menyatakan kesetiaanku, adalah karena aku merasa diriku tak layak berbuat demikian.
  • Kalam
    Senin, 21 September 2020 - 08:34 WIB
    Generasi sekarang mungkin sudah jarang mendengar kisah inspiratif ini. Atau bahkan sudah hampir dilupakan. Ini kisah tentang bagaimana keteguhan dan keyakinannya menjadikan seorang perempuan mulia di sisi Allah Subhanahu wa ta'ala
  • Kalam
    Senin, 21 September 2020 - 06:28 WIB
    Musyawarah Burung (Mantiqu't-Thair)
    Ia pun menanggalkan jubah sufinya dan mulai bekerja. Setiap hari dibawanya seekor anjing ke pasar, dan yang demikian itu terus dilakukannya selama hampir setahun.
  • Kalam
    Minggu, 20 September 2020 - 14:22 WIB
    Mahkota Sufi Ibnu Arabi (3)
    Bagi Ibnu Arabi, sebagaimana bagi semua sufi, Muhammad mewakili Insan Kamil. Pada saat yang sama, kita perlu mengetahui apa yang dimaksud Muhammad dalam konteks ini.
  • Kalam
    Minggu, 20 September 2020 - 12:51 WIB
    Musyawarah Burung (Mantiqu't-Thair)
    Pengetahuan sejati menjadi milik pencari yang tulus. Jika diperlukan mencari pengetahuan ke negeri Cina, maka pergilah. Tetapi pengetahuan dirusakkan oleh pikiran dangkal, ia mengeras, bagai batu.
  • Kalam
    Sabtu, 19 September 2020 - 18:02 WIB
    Bercermin kepada sejarah peradaban Islam, ada salah satu potret perempuan saleha dan bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu ini yakni Ummu Al-Hasan.
  • Kalam
    Sabtu, 19 September 2020 - 13:37 WIB
    Musyawarah Burung (Mantiqu't-Thair)
    Di lembah ini, cinta dilambangkan dengan api, dan pikiran dengan asap. Bila cinta datang, pikiran lenyap. Pikiran tak bisa tinggal bersama kedunguan cinta.
  • Kalam
    Sabtu, 19 September 2020 - 11:49 WIB
    Mahkota Sufi Ibnu Arabi (2)
    Di Spanyol ia dikenal sebagai Ibnu Saraqa, anak gergaji. Kata ini juga bermakna menghidupkan. Nama pribadi Ibnu Arabi, Muhyiddin, diterjemahkan dengan Yang Menghidupkan Agama.
  • Kalam
    Jum'at, 18 September 2020 - 18:40 WIB
    Peran seorang ibu melampaui batas-batas kebiasaan manusia. Islam pun kerap kali membahas tentang dahsyatnya doa seorang ibu bagi anak-anaknya.
  • Kalam
    Minggu, 13 September 2020 - 10:31 WIB
    Mahkota Sufi Ibnu Arabi (1)
    Di antara nama-namanya adalah al-Andalusi, dan tidak diragukan dia lah salah satu tokoh terbesar dari beberapa tokoh besar Spanyol yang pernah hidup.
  • Kalam
    Minggu, 13 September 2020 - 06:47 WIB
    Musyawarah Burung (Mantiqu't-Thair)
    Janganlah kau menyukai intan dan menolak batu, karena keduanya datang dari Tuhan. Bila di saat kalap, kekasihmu melempari kau dengan batu, itu lebih baik daripada permata dari wanita lain.
  • Kalam
    Sabtu, 12 September 2020 - 10:10 WIB
    Mahkota Sufi Maulana Jalaluddin Rumi (11)
    Seorang Sufi tidak akan pernah membiarkan sesuatu berdiri sebagai penghalang antara apa yang ia ajarkan dengan mereka yang sedang mempelajarinya.
  • Kalam
    Sabtu, 12 September 2020 - 06:17 WIB
    Musyawarah Burung (Mantiqu't-Thair)
    Berusahalah menahan duka, derita, dan luka, dan dengan itu tunjukkan semangatmu. Bila kau luka, terimalah itu, dan jangan perturutkan sikap mengasihani diri sendiri.
  • Kalam
    Jum'at, 11 September 2020 - 06:53 WIB
    Musyawarah Burung (Mantiqu't-Thair)
    Selama kau terikat pada surga dan neraka, bagaimana kau akan dapat memahami rahasia yang ingin kusingkapkan padamu tetapi bila kau tak lagi terikat pada keduanya itu maka fajar kerahasiaan akan menyingsing dari dalam malam.
  • Kalam
    Kamis, 10 September 2020 - 09:16 WIB
    Mahkota Sufi Maulana Jalaluddin Rumi (9)
    Kemanusiaan berputar-putar di sekitar realitas dalam sebuah sistem yang tidak sejati. Ia harus memasuki lingkaran dan bukannya sekadar mengikuti garisnya.
  • Kalam
    Rabu, 09 September 2020 - 09:07 WIB
    Mahkota Sufi Maulana Jalaluddin Rumi (8)
    Jika ilmu dan skolastisisme selalu mempersempit cakupannya ke dalam bidang kajian yang semakin sempit, maka sufisme tetap menggunakan setiap bukti kebenaran yang melandasinya.
  • Kalam
    Rabu, 09 September 2020 - 06:06 WIB
    Musyawarah Burung (Mantiqu't-Thair)
    Jangan biarkan dirimu terbujuk oleh gemerlap yang kaulihat. Selama tubuh nafsumu menentangmu, hati-hatilah. Kau harus melawan musuh ini, dengan pedang di tangan.
  • Kalam
    Selasa, 08 September 2020 - 09:43 WIB
    Mahkota Sufi Maulana Jalaluddin Rumi (7)
    Pada mulanya pencerahan datang kepadamu dari orang-orang yang tercerahkan. Ini adalah suatu tiruan. Namun ketika hal itu datang berulang kali, ini adalah pengalaman tentang kebenaran.
  • Kalam
    Selasa, 08 September 2020 - 06:29 WIB
    Musyawarah Burung (Mantiqu't-Thair)
    Jika Ia tak berkenan dengan pengabdianku, bagaimana dapat aku mengaku bertuan padaNya? Memang benar bahwa aku telah menundukkan kepalaku tetapi perlu pula kiranya bahwa Dia menamakan aku hamba-Nya.
  • Kalam
    Senin, 07 September 2020 - 08:40 WIB
    Mahkota Sufi Maulana Jalaluddin Rumi (6)
    Maulana Jalaluddin Rumi mengatakan, peniru itu seperti penyalur. Ia sendiri tidak minum, tetapi ia mungkin bisa memindahkan air kepada orang yang kehausan.