Syamsul menegaskan bahwa umat Islam tidak boleh pasif. Dalam QS. Al-Rad ayat 11 dikatakan kondisi dan situasi tidak akan pernah berubah, bila tidak ada upaya dalam melakukan perubahan.
Karena fitnah dan azab kubur termasuk keadaan yang berat dan menakutkan, maka Rasulullah SAW memohon perlindungan dari hal itu dalam salat dan di luar salat.
Dua golongan ahli neraka ini tak pernah dilihat Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam di zamannya. Beliau mengatakan kedua golongan ini terjadi di akhir zaman. Berikut hadisnya.
Persiapan kekuatan semampu mungkin, bersikap waspada terhadap musuh, serta melatih umat, juga sama. Alat-alat dan perangkat dapat berubah, sementara ajaran dan tujuannya adalah tetap.
Agama tidak turut campur dalam urusan-urusan manusia yang didorong oleh insting dan kebutuhan duniawinya. Kecuali jika telah terjadi sikap berlebihan, mengurangi atau penyimpangan.
Meski lahiriyahnya sudah melakukan salat, lanjutnya, namun di sisi Allah ternyata salatnya tidak diterima. Ini sungguh musibah yang teramat besar. Naudzbillah.
Alquran pun mengaitkan antara kejayaan kolektif umat, bahkan menjadi karakteristik utama umat ini sebagai umat terbaik dengan tugas amar maruf dan nahi mungkar ini.
Salah satu wujud keimanan kepada takdir Allah adalah menjauhi ucapan: Seandainya tadi saya berbuat begini dan begitu. Berikut penjelasan Ustaz Rikza Maulan.
Kata masjid terulang sebanyak 28 kali di dalam Al-Quran. Dari segi bahasa, kata masjid terambil dari akar kata sajada-sujud, yang berarti patuh, taat, serta tunduk dengan penuh hormat dan tadzim
Dalam beberapa hadis disebutkan pelarangan bagi perempuan maupun laki-laki yang mencukur alis mata mereka. Fikih Islam mengistilahkan perbuatan tersebut dengan namsh.
Perkara kedua yang diselewengkan adalah klaim Taurat bahwa kisah ini terjadi pada masa raja Sulaiman, setelah wafatnya Dawud. Yang benar adalah bahwa kisah ini terjadi pada zaman Dawud.
Presiden Amerika Serikat terpilih dari Partai Demokrat, Joe Biden, berjanji akan memenuhi kebutuhan dan konsern terhadap kekhawatiran komunitas Muslim Amerika.
Ada sebagian manusia yang mengharapkan hadirnya kematian. Misalnya orang yang tengah sakit parah, lantaran sakitnya itu ia meminta segera mati. Bolehkah permintaan yang demikian itu?
Alasan ulama yang membolehkan jimat macam itu karena ini dalam rangka tabarruk yang syari dengan kalamullah dan asma (nama) Allah yang ada di dalamnya.
Allah Taala telah memberikan mukjizat kepada Nabi Dawud yaitu saat beliau bertasbih maka dijawab oleh gunung-gunung yang kokoh dan burung-burung dengan bertasbih kepada Allah bersamanya.
Islam tidak mengharamkan sistem perbudakan. Namun, dalam memecahkan persoalan yang terkait dengan ini, Islam menggunakan metode tidak secara revolusioner melainkan secara bertahap.
Rasulullah SAW telah memberikan contoh bagi umatnya agar mendahulukan tangan kanan (bagian anggota tubuh sebelah kanan) dalam perkara-perkara baik atau penting.
Terkadang pada diri seorang hamba terkumpul kebaikan dan keburukan, perbuatan iman dan perbuatan kufur serta nifak. Karena itu, ia berhak mendapatkan pahala dan siksa.
Para ulama mulai menuliskan ilmu musthalah hadits pada pertengahan abad ke-4 Hijriyyah, dimana masa pengumpulan hadits dalam satu kitab hampir sudah tidak ada lagi.