Sekjen Kemendag menerangkan, berkomitmen menjadikan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) sebagai prioritas strategis untuk memulihkan ekonomi nasional.
Dukungan untuk Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno kembali bergema di Warung Makan Kolim, Jalan Raya Parakan Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.
Menperin Agus Gumiwang mengatakan, saat ini potensi belanja pemerintah pusat dan daerah mencapai Rp1.071,4 triliun, dan Rp400 triliun di antaranya akan diserap melalui belanja produk-produk dalam negeri.
Erick Thohir dan Teten Masduki sepakat menguatkan sinergi mengoptimalkan anggaran BUMN untuk berbelanja produk koperasi dan UMKM. Hal ini khususnya untuk nilai tender di bawah Rp400 juta.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menjadi pembicara dalam acara High Level Thematic Debate on Tourism yang diselenggarakan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).
Pemerintah menargetkan belanja produk-produk barang dan jasa dalam negeri sepanjang tahun 2022 ditargetkan mencapai sebesar Rp400 triliun yang disambut gembira oleh kalangan pengusaha.
Pemerintah menargetkan transaksi pembelian produk dalam negeri (PDN) mencapai Rp500 triliun. Menparekraf, Sandiaga Uno mengajak untuk merealisasikan dan tidak hanya jadi pemberi harapan palsu (PHP) saja.
Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo memilih produk fesyen lokal untuk melengkapi penampilannya sehari-hari. Mulai dari desain hingga bahan yang digunakan.
Dalam rangka mendukung program pemerintah dalam penggunaan lokal konten, Peruri melakukan pencetakan pita cukai RI dengan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) 100%.
Menteri Erick Thohir kembali menegaskan pusat perbelanjaan Sarinah sebagai wadah bagi produk-produk lokal atau UMKM. Sebelumnya Presiden Jokowi menyindir produk impor yang kerap dilakukan para Menteri.
Gubernur Sudirman menegaskan akan mendorong peningkatan produksi buatan lokal daerah melalui produktivitas Usaha Mikro Kecil dan Menangah (UMKM) di Sulsel.
Menparekraf menilai komitmen belanja produk dalam negeri dari hasil Business Matching di Bali yang mencapai Rp214 triliun menjadi bukti kebangkitan ekonomi di sektor ekonomi kreatif semakin terlihat.