Berita Terkini : # idries shah

  • Kalam
    Senin, 21 September 2020 - 09:46 WIB
    Mahkota Sufi Ibnu Arabi (4)
    Meskipun Ibnu Arabi dicintai oleh semua sufi, mempunyai banyak pengikut pribadi dan menjalankan fungsi teladan kehidupan, tidak diragukan ia merupakan suatu ancaman bagi kalangan formalis
  • Kalam
    Minggu, 20 September 2020 - 14:22 WIB
    Mahkota Sufi Ibnu Arabi (3)
    Bagi Ibnu Arabi, sebagaimana bagi semua sufi, Muhammad mewakili Insan Kamil. Pada saat yang sama, kita perlu mengetahui apa yang dimaksud Muhammad dalam konteks ini.
  • Kalam
    Sabtu, 19 September 2020 - 11:49 WIB
    Mahkota Sufi Ibnu Arabi (2)
    Di Spanyol ia dikenal sebagai Ibnu Saraqa, anak gergaji. Kata ini juga bermakna menghidupkan. Nama pribadi Ibnu Arabi, Muhyiddin, diterjemahkan dengan Yang Menghidupkan Agama.
  • Kalam
    Minggu, 13 September 2020 - 10:31 WIB
    Mahkota Sufi Ibnu Arabi (1)
    Di antara nama-namanya adalah al-Andalusi, dan tidak diragukan dia lah salah satu tokoh terbesar dari beberapa tokoh besar Spanyol yang pernah hidup.
  • Kalam
    Sabtu, 12 September 2020 - 10:10 WIB
    Mahkota Sufi Maulana Jalaluddin Rumi (11)
    Seorang Sufi tidak akan pernah membiarkan sesuatu berdiri sebagai penghalang antara apa yang ia ajarkan dengan mereka yang sedang mempelajarinya.
  • Kalam
    Kamis, 10 September 2020 - 09:16 WIB
    Mahkota Sufi Maulana Jalaluddin Rumi (9)
    Kemanusiaan berputar-putar di sekitar realitas dalam sebuah sistem yang tidak sejati. Ia harus memasuki lingkaran dan bukannya sekadar mengikuti garisnya.
  • Kalam
    Rabu, 09 September 2020 - 09:07 WIB
    Mahkota Sufi Maulana Jalaluddin Rumi (8)
    Jika ilmu dan skolastisisme selalu mempersempit cakupannya ke dalam bidang kajian yang semakin sempit, maka sufisme tetap menggunakan setiap bukti kebenaran yang melandasinya.
  • Kalam
    Selasa, 08 September 2020 - 09:43 WIB
    Mahkota Sufi Maulana Jalaluddin Rumi (7)
    Pada mulanya pencerahan datang kepadamu dari orang-orang yang tercerahkan. Ini adalah suatu tiruan. Namun ketika hal itu datang berulang kali, ini adalah pengalaman tentang kebenaran.
  • Kalam
    Senin, 07 September 2020 - 08:40 WIB
    Mahkota Sufi Maulana Jalaluddin Rumi (6)
    Maulana Jalaluddin Rumi mengatakan, peniru itu seperti penyalur. Ia sendiri tidak minum, tetapi ia mungkin bisa memindahkan air kepada orang yang kehausan.
  • Kalam
    Minggu, 06 September 2020 - 10:00 WIB
    Mahkota Sufi Maulana Jalaluddin Rumi (5)
    Rumi mengajarkan bahwa manusia sebenarnya tidak mengetahui apa yang mereka inginkan. Jeritan batinnya dinyatakan dalam ratusan keinginan yang mereka duga sebagai kebutuhan mereka.
  • Kalam
    Sabtu, 05 September 2020 - 09:45 WIB
    Mahkota Sufi Maulana Jalaluddin Rumi (4)
    Sufi harus mengikuti semua rutinitas pengembangan-diri sebaliknya semata-mata konsentrasi terhadap salah satunya akan menyebabkan ketimpangan, yang bisa membawa pada kerugian.
  • Kalam
    Jum'at, 04 September 2020 - 08:40 WIB
    Mahkota Sufi Maulana Jalaluddin Rumi (3)
    Seorang Sufi memiliki banyak rahasia, tetapi ia harus menjadikan rahasia-rahasia tersebut berkembang dalam diri murid. Sufisme merupakan sesuatu yang diberikan kepadanya.
  • Kalam
    Rabu, 02 September 2020 - 10:38 WIB
    Mahkota Sufi Maulana Jalaluddin Rumi
    Rumi dipandang sebagai salah seorang dari guru mistik tingkat pertama -- meskipun ia menyatakan bahwa ajaran-ajaran al-Qur'an bersifat alegoris, dan ia memiliki tujuh makna yang berbeda.
  • Kalam
    Selasa, 01 September 2020 - 09:20 WIB
    Mahkota Sufi Syaikh Sa'di Asy-Syirazi (3)
    Gulistan kerapkali menyinggung dalam bentuk puisi dan kisah, orang-orang yang tidak sabar mempelajari Sufisme tanpa menyadari bahwa mereka tidak dapat mempelajarinya dengan jiwa yang kosong.
  • Kalam
    Senin, 31 Agustus 2020 - 10:35 WIB
    Mahkota Sufi Syaikh Sa'di Asy-Syirazi (2)
    Ajaran Sa'di tentang pelatihan diri tidak hanya mengacu pada kepatuhan biasa untuk menjalankan apa yang diajarkan guru. Dalam ajaran Sufi tentu ada suatu bentuk pelatihan diri.
  • Kalam
    Minggu, 30 Agustus 2020 - 10:58 WIB
    Mahkota Sufi Syaikh Sa'di Asy-Syirazi (1)
    Pengaruh Sa'di terhadap kesusastraan Eropa diakui sangat besar. Tulisan-tulisannya merupakan salah satu acuan dasar bagi Gesta Romanorum, buku induk berbagai legenda dan alegori di Barat.
  • Kalam
    Sabtu, 29 Agustus 2020 - 07:04 WIB
    Mahkota Sufi Mullah Nashruddin
    Katak-katak itu menggambarkan manusia yang tidak bisa menggunakan uang. Nashruddin membalas mereka karena adanya aturan umum bahwa sebuah balasan mengikuti suatu perbuatan yang baik.
  • Kalam
    Jum'at, 28 Agustus 2020 - 09:43 WIB
    Mahkota Sufi Mullah Nashruddin
    Nashruddin miskin kata tersebut sama dengan salah satu kata yang digunakan oleh para Sufi untuk menunjukkan salah satu dari jumlah mereka -- faqir (fakir)
  • Kalam
    Kamis, 27 Agustus 2020 - 08:41 WIB
    Mahkota Sufi Mullah Nashruddin
    Jika aku menghadapkan punggungku kepada kalian, ini berarti tidak menghormati kalian. Cara ini merupakan satu-satunya kompromi yang mungkin dilakukan
  • Kalam
    Rabu, 26 Agustus 2020 - 10:37 WIB
    Mahkota Sufi Mullah Nashruddin
    Hubungan antara para sufi terkadang terjadi melalui piranti tanda-tanda, dan komunikasi bisa dilakukan melalui cara-cara yang bukan saja tidak biasa, tetapi juga tampak tidak masuk akal.
  • Kalam
    Selasa, 25 Agustus 2020 - 09:17 WIB
    Mahkota Sufi Mullah Nashruddin
    Para sufi mempergunakan istilah-istilah teknis untuk menyampaikan padanan yang mendekati misteri-misteri yang merupakan pengalaman-pengalaman yang tidak bisa digambarkan dengan kata-kata.
  • Kalam
    Senin, 24 Agustus 2020 - 10:31 WIB
    Mahkota Sufi Mullah Nashruddin
    Ketika sebuah cerita Nashruddin dibaca dan direnungkan, sesuatu akan terjadi. Kesadaran akan peristiwa dan keberlangsungan itulah yang merupakan pusat dari Sufisme.
  • Kalam
    Minggu, 23 Agustus 2020 - 11:23 WIB
    Mahkota Sufi Mullah Nashruddin
    Nashruddin berpikir, Ketua biara ingin membalas dendam kepadanya dan Ketua Biara itu telah menyelipkan biji beras dijenggotnya, Mana Ia berusaha membuangnya secara diam-diam.
  • Kalam
    Sabtu, 22 Agustus 2020 - 10:19 WIB
    Mahkota Sufi Mullah Nashruddin
    Ia hampir saja meninggalkan terompahnya di bawah, tetapi sesuatu mengingatkannya, dan ia pun menyelipkan terompah tersebut di sabuknya sebelum memulai memanjatnya.
  • Kalam
    Jum'at, 21 Agustus 2020 - 06:20 WIB
    Mahkota Sufi Mullah Nashruddin
    Coba bayangkan, seandainya unta punya sayap, mereka mungkin bersarang di atas atap rumah dan merusak pekarangan kita dengan berjalan mondar-mandir di atas atap.